-- WELCOME FRIENDS --

Selamat datang sahabat, selamat berkutat di dalam tulisan dan pikiranku

Jumat, 06 September 2013

Tipi-tipi Pengisi Hari-hari Ku

Assalamualaikum Wr Wb ya Ahlul blogger,,
sehat walafiat semua?
saya beserta segenap boneka, guling, bantal, dan kasur di kamar tercinta mengucap syukur alhamdulillah masih diberi kesehatan dan nikmat yang luar biasa oleh Allah SWT.
(makasih ya Allah)

Jumat malem kemaren aku balik ke hometown tercintah, Soreang. Salah satu kecamatan di sudut Bandung Selatan, sejuk udaranya, ramah orangnya, cantik rupawan penghuni nya (pasang kaca mata cool =D )


Hey, ada makhluk asing di kamarku. Kotak, hitam, mengkilat, termenung tak bernyawa. 
Ku toel, dia tak berkutik (toel = colek, sundanese-red).
Ku teriaki, dia nyuekin aku
ingin ku banting, ah tak kuasa aku

Yupz, dia TIPI BARU GUE (capslock, menegaskan)
*backsound - Tasya 
" senang, riang, hari yang ku nantikan, ku sambut ku kawaaaaannn semuaaaaa,,,matahari pun bersinar cerah menyambut tipi baru ku......"

Ini tipi kedua yang Babeh beliin buatku.
Tipi pertama beliau belikan ketika aku masih TK.
Tipi nya gak khusus buat aku sih, tapi buat tontonan semua orang dirumah, termasuk pegawai mebel si babeh.
Maklum kala itu (ciee bahasanya), sekitaran taun '95-an, televisi berwarna merupakan salah satu barang mewah. Hanya sedikit saja orang yang berani dan shanggup membelinya. (untung waktu itu mas darto sama mas danang masih remaja, belum ketemu kayaknya, jadi belum gabung bikin acara the comment and bikin mantra andalan "kalo gak shanggup ya shanggupin", kalo udah ada, bisa2 Babeh udah aku kasih tu mantra)

Cerita dikit ya mengenai si Tipi berwarna pertama.
Alkisah jaman dahulu kala, Babeh punya tipi jaman jebot yang masih hitam putih yang kalo mau nyari channel nya musti di puter2 tunning nya. Gak kaya tipi sekarang yang udah pada punya remote. Jadi jikalau ada yang ingin memindahkan channel, dia harus mengeluarkan effort nya untuk menyambangi tu tipi dan memutar2 tunning nya.

Alhamdulillah nya channel yang ketangket tipi jaman jebot itu cuman 2, TVRI sama RCTI. Dan jaman dulu TVRI masih jadi tipi favorit, karena RCTI belum ngeluarin sinetron kaya sekarang. Nikita Willy belum lahir, Agnes Monica juga masih ngedot, si tukang bubur baru merintis usaha bubur nya jadi belum bisa naik haji and bikin film sama sinetron kaya sekarang. Alhasil, kami semua tetap duduk manis tanpa usaha, menonton TVRI.

Suatu hari, wafatlah tipi jaman purba ini. (Innalilahi wa inna illaihi rajiun)
Tapi muncul masalah baru buat ku dan pegawai Babeh. Kita gak bisa nonton tipi. Aku gak bisa nonton acara anak2 di hari minggu. Pegawai babeh gak bisa,,,,hmmm,,apa ya tontonan mereka,,,ya intinya gak bisa nonton tipi lah.

Aku merengek sama babeh, minta dibeliin tipi baru. Babeh diam tak bergeming. Mungkin yang ada dipikiran babeh saat itu adalah, "dimana saya harus memakamkan jenazah tipi jebot ini, tipi ini harus segera enyah dari hadapan saya agar saya bisa move on."
Ya gak tau lah apa yg Babeh pikirin saat itu. Yg jelas aku minta tipi baru, dan baru dikabulin beberapa bulan berikut nya.

Dan Eng ing eng,,,lahir lah di tengah2 keluarga besar kami sebuah tipi berwarna dan ber-remote pertama SON*. Trus pas searching channel, ternyata tipi ini udah bisa nangkep banyak channel. Waktu itu aku baru tau bahwa selain TVRI dan RCTI, udah ada Indosiar juga. Film kartun nya lebih kece. Dan aku pun mengucap pamit pada TVRI dan RCTI saat itu. (RCTI masih belum punya sinetron unggulan kaya sekarang, jd masih belum dilirik keluarga ku).

Si tipi berwarna generasi pertama ini lah yang menemani hari2 ku selama kurang lebih 19 tahun. Masa kecil ku diisi oleh tontonan yang hadir dari layarnya. Masa remaja ku pun begitu. Masa menjelang dewasa ku pun begitu.
Jadi bisa aku simpulkan, tipi inilah yang berpengaruh besar pada pertumbuhan otak, pikiran, hati, dan perasaanku.
Kalo menurut kalian semua aku sekarang rusak, ya si tipi generasi pertama inilah penyebabnya.
Kalo menurut kalian semua aku sekarang baiiikkk banget, itu berkat Allah STW, usahaku, dan doa orang tua ku.
(si tipi berwarna generasi pertama kemudian protes : "kok gue cuman jadi penyebab rusak doang?? elo gak inget apa jaman kudu ngisi ceramah di buku ramadhan elo ngisi dari cemarah yang di tayangin di layar gue?? hah, habis manis sepah dibuang.!!!")

Si Tipi Berwana Generasi Pertama ini jarang banget "sakit". Daya tahan tubuh nya kece banget. Palingan pilek dikit, tinggal buka body nya, di sapu2 entahlah apanya sama si Babeh, bener lagi. Paling gawat pas gambar di layarnya kepotong sebelah. Di ganti lah salah satu sparepart nya sama si Babeh, dan dy sembuh lagi.

Sampai sekitar sebulan yang lalu, sebelum lebaran. Mungkin karena faktor usia juga, si tipi berwarna generasi pertama ini udah gak shanggup lagi menahan derasnya laju pertumbuhan teknologi, udah gak shanggup lagi beraktifitas, ditambah soulmate nya si remote yang udah wafat duluan, dia kesepian, dia udah gak shanggup (padahal udah aku kasih mantra "kalo gak shanggup ya shanggupin" ala mas danang & mas darto di the comment).

Dan dia pun mengembuskan napas terakhir nya dengan damai. Kali ini babeh nyerah, membiarkan saja si tipi berwarna generasi pertama menemui ajalnya menghadap yang Maha Kuasa. Dan kali ini babeh gak segalau dulu waktu si tipi jaman jebot wafat.
(sedikit aja kan cerita ku tentang si tipi pertama,,, dikit lah, gak usah panjang2)

Kali ini Babeh cepet banget move on nya.
Ternyata tadi malem, udah ada tipi baru di kamar ku.
si kotak hitam, mengkilat,yang sedari tadi aku colek diem aja. Dia lah tipi baru ku.
Bukan sekedar lagi tipi berwarna, sekarang dia tipi ramping bin singset. LCD tipi.
Kalo dulu aku ngerengek maksa babeh beliin si tipi berwarna generasi pertama, kali ini si tipi ramping berwarna generasi kedua babeh beliin tanpa aku paksa.
Babeh bilang "alhamdulillah pas ada rejekinya, ya itung2 kado lah buat yang baru jadi sarjana"
(FYI, aku baru lulus sidang sekitar sebulan yang lalu, dan tinggal menghitung hari aja aku bakalan wisuda dan resmi jadi SARJANA,,,,jumawa =)))) )

Ah, babeh emang juara. Kalo ada pahlawan tanpa tanda jasa, itu bukan guru, tapi BABEHKU.

Udahan ya, sekian cerita tentang semua tipi yang masuk dalam kehidupanku. Mereka datang silih berganti mengisi hari2 ku. Makasih semua tipi2 ku. Tiada kesan tanpa kehadiranmu.
4 x 4 = 16, sempat tidak sempat gak apa2 gak dibalas juga.

Sekarang aku mau move on dulu. Mau berkenalan dulu sama si tipi ramping berwarna generasi kedua ya.....

Bye,,
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar