-- WELCOME FRIENDS --

Selamat datang sahabat, selamat berkutat di dalam tulisan dan pikiranku

Minggu, 07 Juli 2013

The Power of "Kepepet"

Assalamualaikum Wr Wb akang2, teteh2, mba2, mas2, encang encing yang ane hormati,,
Yeaahh,, hari minggu, 7 Juli 2013
Mau sedikit bersantai dulu ah setelah seminggu ini berkutat sama my skripsweet.
Anyway, berkaitan dengan skripsweet ini, aku punya sedikit cerita dan pengalaman,
That's what I called "The Power of 'kepepet'"
Sekitar satu sampe 2 minggu kebelakang aku masih bermuram durja akibat perbuatan si pacar baru skripsweet. Entah kenapa makhluk yang satu ini selalu bikin rusuh dan tidak tenang hati ini, hari2 jadi mendung, makan tak enak, tidur tak nyenyak, boker tak nikmat (maap agak jorok :p)

Berbagai macam sahabat udah aku curhati, berbagai nasehat udah aku terima, dan berbagai alasan juga udah ku buat untuk men-sah-kan bahwa aku harus segera bercerai dari pacar ku ini. (nikah aja belom kok udah minta cerai). 

Waktu berjalan secepat putaran roda mobil F1 yang bisa sampe 350km/jam itu kalo gak salah, and alhasil, tiba2 ujug2 tanpa disangka tanpa dinyana (ishh bahasanya '80 an banget), udah harus masuk seminar 2 aja. Udah harus beres sampe bab 4 aja. And aku stuck di Bab 3. Gara2 program yang aku butuhkan gak bisa aku running. Padahal udah dikasih juga sama temen, dikirim jauh2 pake JNE, belum aku bayar pula CD & ongkir nya. *tega ya,,,

Huaaaa,,,,gemparlah dunia persilatan. Ibarat cacing kepanasan, ibarat beo kebanyakan makan, ibarat cherrybele ketemu sm*sh (ah apa sih mulai ngaco neh),,,ya pokoknya intinya aku kebekaran jenggot lah (itu istilah yang pas seandainya aku punya jenggot)

Ini gimana ini gimana ini gimana????????
Nanya kesana kesini gak ada yg bisa bantu satu pun. Pembimbing aku pun tak bisa diharapkan. Gak ada harapan, hopeless,
Hingga sampai aku pada satu titik persimpangan. Sampai2 terucap pertanyaan ini sama Allah, "Ya Rabb, haruskah aq berhenti aja kuliah ini? Apakah dengan berhenti itu yang terbaik untuk ku?"

Mana temenku dengan enteng nya malah bilang "noy, TA kamu teh kayaknya rada gawat" dan itu dia ucapka H-1 aku harus daftar seminar 2. Edaaaannn,,, gimana gak drop coba aku. Orang ini loh yg ngasih ide dan saran buat aku ngerjain skripsi dengan tema ini. And sekonyong2 dia bilang gitu coba. Tidak berperi-kemahasiswa ekstensi tingkat akhir-an, sangat tidak berperi-ke skripsi-an.

Udahlah, aku pasrah aja. Tapi pasrah ku bukan tanpa usaha. Aku melapor pada sang pembimbing. Menyerahkan buku skripsiku yang udah sampai Bab 3. Sampai Bab 3 ini aku udah pd. ok semua fine.

And,,,eng ing eng,,,revisi besar2an. Sebesar aksi demonstrasi mahasiswa 98 yang minta Soeharto turun dari jabatannya (Lebay pisan lah pokok nya). Nangis darah guling2 koprol2 sambil gangnam style, nyanyi Separuh Aku nya Noah and makan indomie lah aku didepan pembimbing (FYI, pembimbing aku ngaku2 mirip ariel n sahabat noah abis. Dia doyan banget makan indomie dan selalu rekomendasiin kita2 mahasiswa nya untuk makan indomie)

Hahahhaa,,,tenang, gak seburuk itu kok yang terjadi. I'm just 'fiuh' and smile. You know what?! karena revisi yang dosen ku kasih langsung menghasilkan BAB 4 maaannn,,,,,
kata dia, apa yang aku kerjakan sampe Bab 3 sekarang itu harusnya sebagian di taro di Bab 4. So, rombak besar2an lah buku ku dan eng ing eng lagiiii,,,BAB 4 sudah hampir rampung,,,

Tapi, ke-hopeless-an ku belum berkahir. Software yang aku pake blm mau bersahabat. Dia belum bisa menghasilkan apa2. Damn, sampe lagi aku dititik persimpangan, "Ya Allah, tolong aim ya Allah, aim harus gimana?"

Disini aku pasrah sepasrah pasrahnya. Nyoba segimana pun software nya gak bisa dipake sama sekali. AKu sampe kepikiran untuk copas TA temenku yang mirip sama tema yang aku ambil. Cheating banget lah,,,,

Abis aku solat isya, tiba2 aja muncul ide untuk berseluncur di mbah google, baca2 tentang referensi tema skripsi yang aku bawain. Trus tiba2 aja dapet info dari grup watsapp katanya pendaftaran masih bisa diundur 1 minggu. Oh Allah, Engkau menjawab doa ku.

Di tengah ke-kepepet-an ku, tiba2 aku nemu makalah anak UI yang bahasan nya sama kaya skripsi yg aku buat, software yang dy pake pun sama. Dan disana dia kasih saran supaya software ini bisa di running dan ada hasilnya, ada parameter yang harus diubah dari default program nya. AKu baca baik2 tu makalah dan aku ikutin sarannya.

dan OH MY RABB, it WORKS...!!!!
Bisa, software nya bisa di running dong. Rancangan ku bisa dilihat hasil simulasi nya ... !!!
BISA, beneran BISA, 
getol lah aku dalam 1 minggu tersisa itu untuk merampungkan BAB 4 ku. And selesai..!! Injury time banget selesai nya. Malam minggu , Minggu jam 1 malam aku menyelesaikannya. Pagi nya jam 6 aku email-in kepembiming. Siang nya jam 2 aku kumpulin ke TU kampus.

Allah beneran ngasih solusi, Allah kasih jawaban u doa ku. Aku harus lanjut , dan lulus.

Guys, kejadian "the power of kepepet" ini gak cuman sekali aku alami.
Waktu TA D3 pun aku bener2 ngalamin hal ini. H-1 sebelum aku maju sidang, alatku msh blm masuk spek yang aq pengen. Pembimbing aku (Pak Jon) sampe bilang "ya udah noyan, sekarang tinggal pasrah aja, berdoa yang poool sama Allah spy besok sidang nya di mudahkan. Yang penting usaha km udah maksimal". Besok nya pas alat aku di uji di waktu sidang, miracle itu dateng. Perfect.! Alatku bekerja sesuai spek nya. Penguji aku - yang sangat bikin aku ilfiil saat itu - sampe bilang "Hebat euy cewe bisa bikin antena spek nya sempurna gini"

The power of kepepet lainnya adalah di kantor, saat QCC. Jd QCC itu semacem kompetisi membuat improvement2 di area kerja secara berkelompok. Improvement itu harus menghasilkan efisiensi yang dapat dikonversi ke nilai rupiah.
2x kelompok ku maju konvensi bermodalkan "the power of kepepet", dan 2x pula kami juara 2. Emang gak juara 1 sih, karena kita g mau juara 1. Hehe,,,

Masih banyak lagi kejadian2 yang ajaib hasil dari kepepet.

Well, aku jadi nyadar satu hal. Sebenarnya "the power of 'kepepet'" itu adalah jalan Allah untuk ngasih solusi dari masalah yang kita hadapi. Iya gak sih?
Pengalaman ku sih disaat2 kepepet itu, selalu ada miracle yang gak disangka2 terjadi. Kalo bukan karena kehendak Allah, mana mungkin itu bisa kejadian coba.

Mungkin itu cara Allah menunjukan kekuasaan-NYA, disaat hamba2 nya bener2 kepepet, disaat itu lah biasanya usaha yang keras sampe titik darah penghabisan dan kepasrahan sering muncul, saat ini lah tangan ajaib Allah terulur pada hamba2 NYA yang bener2 pasrah dan percaya pada kekuatan Allah. Allah bantu kita dengan berbagai cara dan perantara yang gak pernah kita sangka. Melalui mbah google dan entah siapa itu mahasiswa UI yang tiba2 makalah nya tentang directional coupler aku temukan dan menginspirasi banget. 

Jadi, intinya sih, kalo kita lagi dihadapkan pada satu masalah yang menurut kita peliiiiikkkk and susaaaaaaahh banget,kuncinya 2 sih menurutku.
Usaha yang maksimal supaya masalah itu bisa selesai, abis itu berdoa dan pasrah sama Allah. Yakin kalau Allah itu Maha segala2 nya. Apapun bisa DIA lakuin untuk menolong kita. Yakin sama kekuasaan Allah. dan jreng,,, munculah THE POWER OF KEPEPET itu. Kun fa ya Kun.! Itu bentuk lain dari pertolongan Allah,

Tapiiiiii,,,ya jangan nunggu dulu sampe kepepet lah,,,
Inget loh kata Allah juga, "kalo udah selese satu urusan, maka kerjakan urusan yang lain" (ada di QS AnNashr. Artinya kurang lebih gitu deh, ya maap, aku belum bisa jadi ustadzah, jadi blm fasih2 banget). Jadi kalo satu step udah selesai, langsung ke step berikutnya, jangan ditunda2, jangan sampe injury time baru nyadar Oh iya belum beres neh, dan grasak grusuk ngeberesin semua nya. Terburu2 itu juga datangnya dari syetan.

ya gitu deh,
semoga bermanfaat,
lanjut besok buat memahami materi skripsi ku.

Wassalam

2 komentar: